Selain Puasa Sunnah, Berikut 11 Amalan Sunnah di Hari Asyura atau 10 Muharram Berdasarkan Riwayat Hadits

- 18 Agustus 2021, 11:37 WIB
Amalan-amalan sunas di Hari Asyura atau tanggal 10 Muharram.
Amalan-amalan sunas di Hari Asyura atau tanggal 10 Muharram. /Pixabay/mohamed_hassan//

SERANG NEWS - Hari kesepuluh Muharram atau Hari Asyyura dianjurkan bagi seorang muslim untuk banyak melaksanakan amalan-amalan Sunnah.

Amalan tersebut dianjurkan Nabi Muhammad. Di antaranya dengan Puasa Asyura, memperbanyak dzikir hingga menyantuni anak yatim piatu.

Bagi yang bisa melaksanakannya amalan-amalan sunah di Hari Asyura, akan mendatangkan keberkahan dan pahala segaimana dalam beberapa hadist.

Keutamaan Amalan Puasa Asyura salah satunya dapat menebus dosa tahun yang telah lewat. ”Barangsiapa yang berpuasa pada hari, Asyura, maka Allah akan memberikan padanya pahala 10.000 malaikat.”

Baca Juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa Tasu'a dan Asyura pada 18-19 Agustus 2021, Lengkap Terjemahan Latin Indonesia

”Barangsiapa yang berpuasa pada hari Asyura, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala 10.000 orang yang haji dan umroh serta 10.000 orang yang mati syahid."

Selain Puasa Asyura, Berikut Amalan Sunnah di Hari Asyura atau Hari ke-10 Muharram:

1. Membaca dizkir ‘hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir’.

Artinya: ‘Allah-lah yang mencukupi kami, dialah sebaik-baik untuk berserah diri, sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong’.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x