Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa Tasu'a dan Asyura pada 18-19 Agustus 2021, Lengkap Terjemahan Latin Indonesia

- 17 Agustus 2021, 23:13 WIB
Bacaan niat dan tata cara Puasa Tasu'a dan Asyura.
Bacaan niat dan tata cara Puasa Tasu'a dan Asyura. /Ilustrasi Pixabay.com/Konevi

SERANG NEWS - Memasuki tanggal 9-10 Muharram 1443 H atau bertepatan Rabu-Kamis 18-19 Agustus 2021, dianjurkan melaksanakan Puasa Sunnah Tasu'a dan Asyura.

Berikut bacaan niat Puasa Tasu'a dan Puasa Asyura, lengkap dengan penjelasan dalil dalam Bahasa Arab dan terjemahan latin Indonesia.

Puasa Sunnah Asyuro merupakan salah satu puasa yang diamalkan oleh Nabi dibulan Muharram, Nabi melaksanakan puasa ini pada tanggal ke-10.

Nabi Telah berniat untuk puasa Asyura yaitu tanggal 9 dan 10 Muharam, nabi SAW melakukan hal demikian untuk menyelisihi orang yahudi yang berpuasa ditanggal 10 muharam saja.

Baca Juga: Bisa Menghapus Dosa Setahun Lalu, Ini Deretan Keutamaan Puasa Tasu'a dan Asyura di Bulan Muharam

Walaupun nabi tidak sempat melaksanakan puasa asyuro (tanggal 9 muharom), tapi nabi telah perintah kepada sahabat untuk melaksanakan Puasa Asyura.

Apalagi, mengingat kefadholannya yang besar yaitu diampuni dosanya setehun sebelumnya seperti yang dijelaskan hadist dibawah ini :

صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Dari Abu Qatadah RA, bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari Asyura. Beliau menjawab, “(Puasa tersebut) Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu”. (HR. Muslim).

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah