Berikut 8 Keutamaan Menjaga Lisan atau Ucapan sesuai Anjuran Nabi Muhammad

- 13 Februari 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi menjaga ucapan atau lisan.
Ilustrasi menjaga ucapan atau lisan. /Pixabay/Mylene2401/

SERANG NEWS – Menjaga lisan sangat penting selayaknya kita menjaga sikap agar tidak menyakiti hati orang lain. Terlebih menjaga lisan atau ucapan sangat diajurkan Nabi Muhammad SAW.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut SerangNews.com sajikan keutamaan menjaga lisan atau ucapan agar kita senantiasa mendapat keberkahan sebagaimana anjuran Nabi Muhammad.

  1. Memiliki kedudukan tinggi sebagai muslim

Suatu hari Nabi Muhammad SAW ditanya, “Siapakah Muslim yang paling utama?” Beliau menjawab, “Orang yang bisa menjaga lisan dan tangannya dari berbuat buruk kepada orang lain.” (HR. Bukhari).

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Keutamaan Puasa Senin-Kamis Bagi Umat Muslim

  1. Dijanjikan surga

Dari Sahl bin Sa’ad ra, Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang dapat memberikan jaminan kepadaku tentang kebaikannya apa yang ada di antara kedua tulang rahangnya --yakni mulut atau lidah – serta antara kedua kakinya – yakni kemaluannya, maka saya memberikan jaminan syurga untuknya.” (HR. Al-Bukhari)

  1. Dijauhkan dari neraka jahannam

Untuk pembicaraan yang tidak jelas maslahatnya, atau mungkin ia tidak memiliki ilmu dalam bidang tersebut, maka sebaiknya seorang hamba diam saja. Berbicara sesuatu yang salah atau buruk justru membuat ia terjerumus ke dalam neraka jahannam.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan satu kalimat yang dibenci oleh Allah yang dia tidak merenungi (akibatnya), maka dia terjatuh dalam neraka Jahannam.” (HR. Al-Bukhari)

Baca Juga: Keutamaan Membaca Dzikir, Tasbih, dan Istiqfar Berdasarkan Dalil Quran dan Hadis

  1. Dijauhkan dari kebinasaan

Nabi Muhammad menjelaskan bahwa orang-orang yang berbicara tanpa berpikir dan tidak mampu menjaga lisannya, maka ia akan binasa di akhirat. Bahkan wajahnnya akan tersungkur dalam neraka.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x