Keutamaan Membaca Dzikir, Tasbih, dan Istiqfar Berdasarkan Dalil Quran dan Hadis

- 12 Februari 2021, 15:30 WIB
Ilustrasi Berdzikir.
Ilustrasi Berdzikir. /Pixabaya/TayebMEZAHDIA/

SERANG NEWS - Sudah tidak asing khususnya bagi Umat Muslim di seluruh dunia membaca dzikir, tasbih dan Al-quran.

Selain sebagai bentuk ibadah atas keyakinan kepada Tuhan yang Maha Kuasa, membaca dizikir, tasbih dan Al-quran memili banyak keutamaan bagi yang mengamalkan.

Berikut beberapa keutamaan membaca dzikir, tasbih, dan Al-quran:

1.Keutamaan Dzikir kepada Allah SWT

Allah SWT berfirman:

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat ( pula ) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." ( Q.S. Al Baqarah [2]:152 ).

" Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah. Zikir sebanyak banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang - orang yang beriman. Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang yang mukmin itu) pada hari merekama menemuai-Nya ialah : "Salam", dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka. (Q.S Al Ahzab [33]:41 - 44).

Baca Juga: Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu Lengkap dengan Artinya

"Dan barang siapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta." (QS.Thaahaa [20]:124)

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah