Fenomena Kesurupan Menurut Kacamata Medis, Bukan Kerasukan Setan

- 26 Mei 2022, 17:31 WIB
Ilustrasi kesurupan, 9 Arti Mimpi Kesurupan yang Harus Anda Ketahui, Pertanda Akan Mengalami Kesulitan Ekonomi Salah Satunya
Ilustrasi kesurupan, 9 Arti Mimpi Kesurupan yang Harus Anda Ketahui, Pertanda Akan Mengalami Kesulitan Ekonomi Salah Satunya ///mantrapandeglang/

SERANG NEWS - Sampai saat ini kita seringkali mendengar bahkan menyaksikan banyak hal yang berbau horror.

Termasuk juga cerita tentang kesurupan, entah di dalam film maupun di dunia nyata.

Kesurupan sering digambarkan sebagai kondisi dimana tubuh seseorang dirasuki oleh makhluk tak kasat mata.

Baca Juga: Ingin Miliki Hubungan Awet dan Harmonis? Terapkan 5 Sikap ini Agar Pasangan Nyaman

Namun, benarkah fenomena seperti ini disebabkan oleh adanya gangguan dari makhluk tak kasat mata? Lantas, bagaimana ilmu medis menanggapi hal ini?

Di Indonesia, kondisi ini didefinisikan sebagai kondisi seseorang kerasukan hantu atau roh jahat. Definisi ini juga di yakini oleh sebagian negara yang juga memiliki kultur kepercayaan terhadap hal-hal berbau mistis.

Fenomena ini bisa terjadi karena disengaja ataupun tidak disengaja. Terdapat beberapa ritual adat sengaja memanggil roh nenek moyang untuk masuk ke dalam media atau tubuh seseorang untuk tujuan tertentu.

Baca Juga: 3 Cara untuk Menjadi Seorang Perempuan Terlihat Berkelas, Salah Satunya Wajib Jaga Ucapan

Meski begitu, fenomena kesurupan yang tiba-tiba dan tidak disengaja atau tidak diinginkan merupan hal yang tidak normal dalam kultur budaya dan keagamaan.

Namun, dalam kacamata medis, kondisi kesurupan dijelaskan sebagai suatu penyakit mental, dan samasekali bukan hal mistis. Penyebab gangguan mental seperti ini biasanya faktor sosial dan psikologis.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: hellosehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x