Bunda Wajib Tahu, Ini Segudang Manfaat Mendongeng Untuk Si Kecil

- 13 Maret 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi sedang mendongeng.
Ilustrasi sedang mendongeng. /Pexels/

SERANG NEWS- Tahukah bunda, selain mengasyikan ternyata mendongeng juga banyak manfaat nya loh terhadap tumbuh kembang anak. Lalu apa aja sih manfaat nya bagi si kecil?

Nah untuk lebih detailnya, kali ini SerangNews.com akan memberi ulasan manfaat mendongeng terhadap anak yang disampaikan oleh dr. Sapta pada Chanel YouTobe nya @dr. Sapta Official.

Salah satu cara menanamkan karakter positif yang menyenangkan bagi anak adalah melalui dongeng.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Populer Minggu Ini, Ada Alocasio Cuprea hingga Keladi Red Pelita

Dongeng ialah suatu bentuk karya sastra yang bercerita mengenai suatu hal kejadian yang luar biasa penuh dengan khayalan atau fiksi yang dianggap sebagai hal yang tidak benar-benar terjadi.

Dongeng juga bisa disebut sebagi bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun temurun dari nenek moyang sejak dahulu kala.

Dimulai dari ruang lingkup terkecil yaitu keluarga, anak-anak yang mendengarkan dongeng atau cerita yang diceritakan oleh orang tuanya dapat mengasah fantasi dan juga imajinasi anak-anak tersebut.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini Tanda Kolesterol Tinggi Menurut dr Saddam Ismail, Salah Satunya Gairah Menurun

Selain sebagai sarana untuk mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak, orang tua juga dapat menyampaikan pesan-pesan moral kepada anak tanpa terkesan menggurui.

Saat mendongeng orang tua harus pandai memilih isi cerita hendak yang diberikan kepada anak, banyak ahli yang menyarankan, untuk tidak memberikan cerita dengan tokoh yang berwatak jahat dan juga para orang tua harus memilihkan tema yang sesuai untuk usia sang anak.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah