Tiga Pakan Alami Ini Baik Bagi Ikan Cupang, Salah Satunya Jentik Nyamuk

- 8 Desember 2020, 07:33 WIB
Ikan cupang
Ikan cupang /NguyenCuong_hp/pixabay/

SERANG NEWS - Ikan cupang menjadi primadona bagi sebagian pecinta ikan hias. Dengan warna yang bermacam-macam dan indah, ikan cupang dengan mudah menarik penggemarnya.

Dalam memeliharanya, ikan cupang juga terbilang mudah. Sehingga, selain sebagai hobi, ikan cupang bisa juga jadi ladang bisnis.

Dikutip SerangNews.com dari Pertanianku, berikut 3 pakan alami yang bagus diberikan pada ikan cupang.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Selasa 8 Desember Pisces, Aquarius & Capricorn: Jaga Kesehatan, Perbanyak Istirahat!

1. Jentik nyamuk

Zaman dulu banyak orang memelihara cupang untuk dimanfaatkan sebagai pemakan jentik nyamuk yang berada di kolam penampungan air. Orang-orang lebih mengenalnya dengan istilah encuk atau uget-uget.

Tubuh jentik nyamuk terlihat berulir dengan warna kelabu kehitaman. Panjang tubuhnya sekitar 10—25 mm dengan siklus hidup sekitar 5—6 hari.

Anda bisa menemukan jentik nyamuk di kubangan air dan diambil dengan serok berbahan kain kasa halus. Hasil serokan sebaiknya dibersihkan sebelum diberikan kepada ikan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Selasa 8 Desember 2020, Gemini: Melakukan Kesalahan Adalah Manusiawi

Jika tidak dibersihkan terlebih dahulu, jentik yang baru didapatkan akan sulit dicerna oleh anak ikan sehingga dapat menimbulkan kesulitan saat pembuangan kotoran. Hal tersebut akan menyebabkan ikan lebih mudah terkena penyakit perut kembung.

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: Pertanianku


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x