Tahun 2019, Turis Indonesia ke Singapura Mencapai 3,1 Juta Orang

- 26 November 2020, 21:27 WIB
Patung Merlion, salah satu ikon Singapura.
Patung Merlion, salah satu ikon Singapura. /Instagram @visit_singapore./

SERANG NEWS - Jumlah turis Indonesia di Singapura mencapai 3,1 juta orang pada tahun 2019. Jumlah itu menjadi terbesar kedua setelah turis asal China yang berkunjung ke Singapura.

Perwakilan Singapore Tourism Board Area Indonesia, Mohamed Firhan Abdul Salam mengatakan, jika Indonesia menjadi sasaran utama untuk memulihkan kembali industri travel di Singapura. Sebab, sejak pandemi Covid-19 membuat kunjungan turis ke Singapura menurun drastis.

"Market Indonesia itu sangat penting bagi tourism Singapura, terbesar kedua setelah China. Namun dampak dari COVID-19 terjadi penurunan hingga 99,9 persen untuk market kedatangan karena perbatasan Singapura ditutup pada Februari tapi penurunan ini bukan hanya dari Indonesia tapi secara global," ujar Firhan saat berbincang dalam acara TravelRevive di Singapura, Kamis 26 November 2020.

Baca Juga: Objek Wisata Tiga Gili di Lombok Utara Mulai Ramai Wisatawan, Polisi Lakukan Pemeriksaan

Baca Juga: Sempat Kabur usai OTT, Dua Stafsus Edhy Prabowo Menyerahkan Diri ke KPK

Namun, kondisi pandemi Covid-19 yang masih mewabah, membuat Singapura saat ini belum membuka kunjungan wisata. Sementara yang bisa masuk ke negara tersebut hanya untuk urusan bisnis esensial atau perjalanan diplomatik serta kedinasan yang mendesak.

Bahkan, waktu kunjungan pun hanya berlaku selama 10 hari dan tidak bisa diperpanjang. Perjalanan tersebut harus mendapat persetujuan dari pihak perusahaan Singapura ataupun agensi pemerintah.

"Jadi itu harus diendorse dan diapprove dulu sebelum mereka tiba ke Singapura. Jadi sebelum mereka datang itu bikin permohonan atau perizinan dulu, ke Singapura atas dasar apa, meeting sama siapa, dan itu nanti direview dulu. Baru nanti direview baru diapproval, ngurus tiket dan lain-lain. Buat waktu sekarang, jalur itu aja yang terbuka dari Indonesia," kata Firhan.

Baca Juga: Wagub Banten Dorong Karang Taruna Berdayakan Ekonomi Wilayah

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x