3 Contoh Teks Editorial Singkat Terbaru, Mudah Dipahami dan Struktur Cara Membuatnya

- 21 September 2022, 09:48 WIB
Ilustrasi contoh teks editorial terbaru yang mudah dipahami
Ilustrasi contoh teks editorial terbaru yang mudah dipahami /Pexels/Julia M Cameron/

SERANG NEWS – Simak berikut contoh teks editorial singkat terbaru, mudah dipahami dan struktur cara membuatnya.

Tak asing sebenarnya dengan istilah dari penyebutan teks editorial. Pasalnya kita sering menjumpai teks editorial ketika membaca media surat kabar, baik media online, televisi maupun media cetak.

Lalu apa yang dimaksud dengan teks editorial?

Dikutip dari modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks editorial merupakan artikel dalam media massa yang didalamnya berisi pendapat, ulasan, kilas balik, kritik atau saran redaksi media massa terhadap suatu peristiwa pentin yang masih menjadi perbincangan.

Kendati teks editorial berisi tentang pandangan, pendapan dan opini dari pihak redaksi media massa, dalam proses penulisan hingga disajikan dalam bentuk produk jurnalistik, harus merujuk pada data, fakta dan argument yang logis sehingga bisa dipertanggung jawabkan.

Hal tersebut cukup beralasan karena salah satu tujuan dari penulisan teks editorial yakni memberikan wawasan kepada pembaca tentang peristiwa yang sedang terjadi.

Baca Juga: 3 Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Mudah Dipahami Beserta Penjelasan Strukturnya Secara Lengkap

Sehingga yang menjadi catatan dalam penulisan teks editorial yaitu struktur artikel yang harus terpenuhi dengan baik, seperti munculnya permulaan pendapat (tesis), argumentasi dan penegasan ulang pendapat.

Oleh karena itu, penulis teks editorial harus menguasai betul akar masalah dan menawarkan argumen baru dari isu sosial dan peristiwa besar yang terjadi sehingga akan semakin hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x