3 Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Mudah Dipahami Beserta Penjelasan Strukturnya Secara Lengkap

- 15 September 2022, 08:53 WIB
Ilustrasi. Berikut Contoh Teks Ekplanasi Singkat dan Mudah Dipahami Beserta Penjelasan Strukturnya Secara Lengkap
Ilustrasi. Berikut Contoh Teks Ekplanasi Singkat dan Mudah Dipahami Beserta Penjelasan Strukturnya Secara Lengkap /Pixabay/DariuszSankowski

 

SERANG NEWS – Contoh teks eksplanasi akan menjadi ulasan pada artikel ini. Silahkan simak dengan baik dan memastikan untuk membaca sampai habis.

Belakangan ini contoh teks eksplanasi menjadi ulasan yang paling banyak dicari. Terutama oleh para pelajar yang diberi tugas sekolah.

Apa itu contoh teks eksplanasi dan bagaimana struktur cara membuatnya menjadi tema menarik yang akan diulas seperti berikut ini.

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi informasi tentang terjadinya suatu peristiwa. Baik itu fenomena alam, sosial, budaya dan sebagainya.

Artinya melalui teks eksplanasi, setiap kejadian yang terjadi di sekitar kita tidak hanya diamati dan dirasakan, tetapi juga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bisa menambah wawasan karena bersifat ilmiah.

Jadi salah satu tujuan dari penulisan teks eksplanasi yaitu untuk menjelaskan fenomena yang terjadi melalui proses sebab dan akibat. Lalu ditulis menjadi kalimat yang untuk berisi informasi kenapa fenomena alam hingga sosial itu bisa terjadi.

Ciri-ciri umum dari teks eksplanasi tersebut tersusun dari tiga struktur, yaitu pernyataan umum, urutan sebab akibat dan interprestasi.

Berikut ini 3 contoh teks ekplanasi singkat dan mudah dipahami, dikutip SerangNews.com dari berbagai sumber.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x