Cara Mengasuh Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19, Jadilah Panutan

- 19 Agustus 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi anak
Ilustrasi anak /Pixabay/Klimkin

SERANG NEWS- Artikel ini akan membahas cara mengasuh anak usia dini saat pandemi Covid-19.

Masa pandemi Covid telah mengubah segala sendi kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk dalam pola mengasuh anak usia dini.

Dalam hal mengasuh anak saat pandemi Covid-19, keterampilan pengasuhan yang efektif mencakup tentang harapan yang jelas untuk anak, tetap tenang ketika anak marah menjadi hal yang penting.

Baca Juga: Link Live Streaming PKKMB Untirta 2021 yang Wajib Diikuti, Zoom Meeting Hanya Tampung 1.000 Peserta

Selain itu, tetap konsisten menindaklanjuti konsekuensi positif dan negatif, menjadi panutan positif, bermain peran bersama anak, memberikan pujian sebagai penguatan perilaku untuk anak.

Perilaku positif ini memberikan
kontribusi untuk mengembangkan perilaku positif pada anak.

Sebagai tempat habitat pertama bagi anak usia dini, peran keluarga menjadi sangat penting. Keluarga juga sebagai wadah pendidikan yang mempunyai pengaruh sangat besar dalam perkembangan motivasi belajar bagi anak.

Baca Juga: Materi Tema 1 Kelas 6 SD Halaman 116, Kondisi Politik Negara-negara Asean Termasuk Indonesia

Orang tua mempunyai peran tambahan sebagai guru bagi anak saat belajar di rumah. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan orangtua bersama anak selama pandemi.

Menurut Pengamat Pendidikan Anak Harmani, waktu yang berkualitas dimiliki orang tua dan anak selama masa pandemi bermanfaat untuk membangun kebersamaan antar anggota keluarga.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah