Balas Dendam Sengkuni yang Selalu Mengadu Domba Pandawa dan Kurawa di Kisah Mahabharata

- 12 Februari 2022, 00:35 WIB
Ilsutrasi Sengkuni yang selalu mengadu domba Kurawa dan Pandawa di kisah Mahabharata.
Ilsutrasi Sengkuni yang selalu mengadu domba Kurawa dan Pandawa di kisah Mahabharata. /Tangkap Layar YouTube MPV/

SERANG NEWS – Sengkuni menjadi salah satu tokoh yang dikenal licik dan selalu mengadu domba Kurawa dengan Pandawa di kisah Mahabharata.

Hal itu tak lepas dari dendam Sengkuni kepada Dinasti Kuru atau Kerajaan Hastinapura. Dendam itu menjadi sumpah dan tujuan hidupnya.

Kisah balas dendam Shakuni atau Sengkuni disebut menjadi salah satu balas dendam terbesar yang akhirnya memicu perang Mahabharata.

Sengkuni adalah kakak Gandari, putri Gandhara yang menikah dengan putra sulung Wichitrawirya, yakni Drestrarata yang buta.

Baca Juga: Kesombongan Duryodana Menolak Nasihat Kresna untuk Hentikan Perang Mahabharata

Pernikahan ini dimulai ketika Bisma datang ke Gandara dengan membawa jutaan pasukan Hastinapura yang membuat ayahnya tidak bisa menolaknya.

Dilansir SerangNews.com dari HinduFAQs disebutkan, sebelum itu terjadi, Gandari diramalkan akan menjadi janda karena suami yang dinikahinya akan mati.

Atas saran seorang peramal, keluarga Gandari menikahkannya dengan seekor kambing dan kemudian membunuh kambing tersebut.

“Itu untuk memenuhi takdir dan berasumsi bahwa dia sekarang dapat menikah lagi dengan manusia dan karena orang tersebut secara teknis adalah suami keduanya, maka takdi itu tidak akan datang padanya,” papar HinduFAQs.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: HinduFAQs


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah