Pemeluk Agama Non-Islam Ikut Berkurban Idul Adha, Bolehkah Makan Dagingnya? Begini Penjelasan Buya Yahya

- 6 Juli 2022, 10:49 WIB
Pemeluk Agama Non-Islam Ikut Berkurban, Bolehkah Makan Dagingnya? Begini Penjelasan Buya Yahya.
Pemeluk Agama Non-Islam Ikut Berkurban, Bolehkah Makan Dagingnya? Begini Penjelasan Buya Yahya. / Tho-Ge / pixabay/

SERANG NEWS - Tinggal hitungan hari lagi, umat islam akan menyambut idul Adha 2022. Dalam momen Idul Adha ini Umat Islam yang mampu dalam materi, sangat dianjurkan untuk melaksanakan kurban hewan.

Namun, saat musim kurban tiba tidak hanya umat Islam saja yang berkurban, melainkan juga yang dari non-muslim atau pemeluk agama lain.

Lantas bagaimana jika pemeluk agama lain ikut menyumbang hewan kurban di salah satu masjid, lalu dagingnya dibagikan untuk masyarakat setempat?

Baca Juga: Kapan dan Tanggal Berapa KJP Plus Juli 2022 Cair, Sebelum Atau Setelah Hari Raya Idul Adha, Ini Penjelasannya

Menurut Buya Yahya, tidak ada masalah jika non-muslim ikut berbagi dalam hari raya Idul Adha. Namun, daging yang dibagikan tidak terhitung sebagai kurban, melainkan sebagai hadiah semata.

“Tidak ada kurban bagi orang di luar Islam, tapi jika mereka ingin berkurban, maksudnya ingin berderma itu sah-sah saja,” katanya dilansir SerangNews.com dari tayangan di kanal YouTube Buya Yahya.

Menurutnya, di dalam Islam pun terjalin satu keindahan sesama muslim dan dengan non-muslim sebagai sesama manusia.

Baca Juga: Berikut Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha 2022 Lengkap dengan Artinya

“Kita boleh memberikan sesuatu kepada orang non-muslim dan orang non-muslim pun boleh memberikan kepada kita. Jadi kita pun boleh menerima hadiah,” ujar Buya Yahya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x