Tata Cara Niat Sholat Sunah Tolak Bala Rebo Wekasan, Lengkap Doa usai Sholat Lidafi'il Bala Latin Indonesia

- 5 Oktober 2021, 18:40 WIB
Tata cara dan niat Sholat Lidafi'il Bala atau tolak bala saat Rebo Wekasaan berserta doanya dalam terjemahan Indonesia.
Tata cara dan niat Sholat Lidafi'il Bala atau tolak bala saat Rebo Wekasaan berserta doanya dalam terjemahan Indonesia. /PIXABAY

SERANG NEWS – Simak tata cara dan niat Sholat Lidafi’il Bala atau Sholat tolak bala yang dikerjakan pada saat Rebo Wekasan atau Rabu Wekasaan lengkap dengan bacaan huruf latin dan terjemahan Indonesia.

Diketahui, masayarakat Jawa mengenal istilah dan tradisi Rebo Wekasan atau Rabu Wekasan atau Rebo pungkasan yang merupakan hari Rabu terakhir di bulan Sapar dalam kalender Jawa.

Rebo Wekasan pada tahun 2021 jatuh pada Hari Rabu, 6 Oktober 2021. Masyarakat Jawa saat Rebo Wekasan biasanya melakukan aktivitas sebagai tradisi yang rutin dilakukan.

Baca Juga: Apa Amalan Rebo Wekasan yang Jatuh 6 Oktober 2021, Ini Doa dan Tata Cara Sholat Tolak Bala

Aktivitas itu bisanya berupa tahlilah atau dzikir dan doa bersama, berbagi makanan baik dalam bentuk gunungan atau selamatan sampai Sholat Lidafi'il Bala (tolak bala) bersama.

Sejumlah ulama seperti Imamam Abdul Hamid al-Dairaby menyebut bahwa saat Rebo Wekasan, Allah menurunkan 320.000 bala dari langit.

Hal ini senada dengan penjelasan Imam al-Qurtuby dalam tafisrinya 'al-Jami li Ahkamil Qurnal. Dalam tafsir tersebut dijelaskan soal 'yaumin nahs' yang terus menerus terjadi pada hari Rabu akhir dalam satu bulan.

Anjuran soal tradisi Rebo Wekasan juga terdapat pada kitab Al-Jawahir Al-Khams karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin Al-‘Atthar (w. th 970 H) bahwasannya Syaikh al Kamil Fariduddin Sakarkanji berkata:

Baca Juga: Begini Kisah Awal Rebo Wekasan dan Hukumnya dalam Islam Menurut Buya Yahya

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x