7 Keutamaan Puasa Sunnah Arafah, Lengkap dengan Dalil, Tata Cara dan Niat Bahasa Arab dan Latin Indonesia

- 19 Juli 2021, 00:56 WIB
7 keutamaan Puasa Sunnah Arafah, lengkap dengan dalil, tata cara dan niat Bahasa Arab dan latin Indonesia.
7 keutamaan Puasa Sunnah Arafah, lengkap dengan dalil, tata cara dan niat Bahasa Arab dan latin Indonesia. /PIXABAY/chiplanay

SERANG NEWS – Puasa Arafa atau Puasa sunnah pada 9 Dzulhijjah atau H-1 Hari Raya Idul Adha sangat dianjurkan karena memiliki keutamaan.

Puasa Arafah adalah puasa yang dikerjakan pada hari Arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Hari Arafah merupakan hari yang mulia.

Sebab hari Arafah datang pengampunan dosa dan pembebasan diri dari siksa neraka. Puasa ini disunnahkan bagi mereka yang tidak berhaji.

Baca Juga: Tuntunan Tata Cara dan Niat Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H atau Selasa 20 Juli 2021, Lengkap Gerakannya

Keutamaan Hari dan Puasa Arafah

1. Hari Arafah adalah hari disempurnakannya agama dan nikmat.

Dalam shahihain (Bukhari-Muslim), ‘Umar bin Al Khottob RA berkata, bahwa ada seorang Yahudi berkata kepada ‘Umar,

“Ada ayat dalam kitab kalian yang kalian membacanya dan seandainya ayat tersebut turun di tengah-tengah orang Yahudi, tentu kami akan menjadikannya sebagai hari perayaan (hari ‘ied).”

“Ayat apakah itu?” tanya ‘Umar. Ia berkata, “(Ayat yang artinya): Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.”

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x