Bisa Dikerjakan Bersamaan Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah, Ini Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan

- 12 Juli 2021, 19:54 WIB
Bacaan niat Puasa Qadha Ramadhan yang bisa dikerjakan bersamaan Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah jelang Idul Adha.
Bacaan niat Puasa Qadha Ramadhan yang bisa dikerjakan bersamaan Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah jelang Idul Adha. /Pexels/Abdullah Ghatasheh/

SERANG NEWS - Puasa Qadha Ramadhan dapat dikerjakan bersamaan puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah jelang Hari Raya Idul Adha.

Puasa Qadha adalah puasa yang dilaksanakan untuk mengganti puasa Ramadhan yang dapat dilaksanakan oleh seseorang karena suatu alasan. Bisa karena alasan medis, usia, atau dalam suatu situasi yang tak memungkinkannya untuk berpuasa Ramadhan.

Seorang ulama dari Mesir, doktor Ali Jumah Muhammad mengatakan, menggabungkan puasa wajib dan sunnah seperti puasa syawal dan qadha puasa ramadhan diperbolehkan dalam Islam.

Baca Juga: 7 Keutamaan Puasa Sunnah Arafah, Lengkap dengan Dalil, Tata Cara dan Niat Bahasa Arab dan Latin Indonesia

Yang terpenting, puasa Qadha Ramadhan tersebut dilakukan sebelum memasuki bulan ramadhan pada tahun berikutnya. Bagi yang punya hutang puasa ramadhan, sebaiknya lekas membayarnya dengan puasa Qadha karena itu hukumnya wajib.

Tak hanya puasa sunnah, tapi amalan lainnya seperti salat Idul Adha, berzikir, bersedekah, berkurban dan menunaikan ibadah haji, masuk ke dalam amalan yang diperbanyak di bulan Dzulhijjah.

Sebelum melaksanakan puasa Qadha Ramadhan, jangan lupa membaca niatnya sebagai salah satu rukunnya.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu Lengkap dengan Artinya

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang tidak berniat sebelum fajar (Shubuh) maka puasanya tidak sah,” (HR.Abu Daud, Tirmidzi, dan An Nasa'i).

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x