Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap dengan Bacaan Latih dan Terjemahan Indonesia

- 23 April 2021, 22:45 WIB
Ilustrasi doa dan niat zakat fitrah
Ilustrasi doa dan niat zakat fitrah /Pixabay/ Mohd Syahideen Osman

SERANG NEWS – Zakat firah menjadi salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan seorang muslim setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis yang berbunyi sebagai berikut:

“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah di bulan Ramadhan atas manusia 3,5 liter kurma atau 3,5 liter gandum atas setiap orang merdeka laki-laki atau hamba perempuan yang muslim”.

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, “Umar bin Khathab radhiyallahu ’anhu berkata,’Saya mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda”

“Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka ia telah berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya’.”

Baca Juga: Hikmah Ramadhan 11: Keutamaan Sholat Malam dan Menjelang Subuh dalam Kitab Al Hikam Syekh Ibn Atha’illah

Hadits tersebut menjelaskan bahwa amal yang diterima Allah ditentukan dari niatnya. Ibadah Zakat Fitrah bertujuan untuk menyucikan jiwa, serta menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan.

Bagi yang akan melaksanakan zakat fitra, berikut doa niat zakat fitrah lengkap mulai untuk diri sendiri, keluarga dan orang yang diwakilkan hingga untuk istri dan laki-laki maupun perempuan.

Doa Niat Zakat untuk Diri Sendiri

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x