HIKMAH RAMADHAN 7: Keutamaan Sholawat atas Nabi Muhammad SAW dalam Tanqihul Qaul Syekh Nawawi Al Bantani

- 19 April 2021, 02:30 WIB
Ilustrasi: Hikmah Ramadhan, Keutaman sholawat atas Nabi Miuhammad SAW.
Ilustrasi: Hikmah Ramadhan, Keutaman sholawat atas Nabi Miuhammad SAW. /Pixabay/Stocksnap/Pixabay/stocksnap

SERANG NEWS - Disunnahkan seorang Muslim membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, membaca sholawat menjadi salah satu bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Keutamaan memanca sholawat atas nabi bisa mendatangkan anugerah dan keberkahan dari Allah SWT.

Hikmah Ramadhan 7, SerangNews.com mengulas ‘Keutamaan Sholawat atas Nabi Muhammad SAW’, sebagaimana dijelaskan Syekh Nawawi Al Bantani dalam Kitab Tanqihul Qaul. 

Baca Juga: HIKMAH RAMADHAN 6: Syarat Ilmu Bermanfaat dan Ciri Manusia Bahagia di Nashoihul Ibad Syekh Nawawi Al Bantani

Berikut penjelasannya:

Sebagian sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, ‘Allah bersholawat sepuluh kali untuk orang yang bersholawat atas engkau sekali. Apakah hal itu bagi orang yang hatinya hadir?’

‘Nabi menjawab, 'Tidak, sebaiknya hal itu bagi setiap orang yang lupa bersholawat atasku. Dan Allah SWT memberikan kepadanya, seperti gunung-gunung. Dan para malaikat berdoa untuknya dan meminta ampunan kepadanya. Sedangkan bila hatinya hadir pada waktu bersholawat atasku, maka hanya Allah SWT yang tahu perkiraannya.’

Nabi Muhammad SAW, "Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah SWT bersholawat sepuluh kali untuknya." (HR. Muslim, Abu Dawud, Nasai dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

Dalam Shahih Muslim, diriwayatkan, bahwa Abdullah bin Amr bin Ash RA, mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, maka sebagai gantinya Allah SWT bersholawat sepuluh kali untuknya."

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x