Milenial Indonesia, Turki, Bangladesh, dan Afrika Selatan Bahas Covid-19 dan New Normal

- 1 November 2020, 14:41 WIB
Presentasi Youthinkers Club
Presentasi Youthinkers Club /Serang News/Tangkapan Layar Zoom

SERANGNEWS.COM – Sejumlah kaum melenial dari empat negara berkumpul dalam satu forum untuk membahas dampak Covid-19 dan masa depan pemuda. Mereka meyakini, era baru telah tiba dengan perubahan besar.

Keempat negara tersebut yakni Indonesia, Turki, Bangladesh, dan Afrika Selatan. Diinisiasi oleh Youthinkers Club yang didukung oleh Perkumpulan Warga Muda mereka membahas persoalan-persoalan penting anak muda dalam menghadapi Covid-19 dan sesudahnya. 

Dalam pertemuan yang dilangsungkan via zoommeeting pertemuan tersebut mengangkat tema “How is Covid-19 Handled in Your Country?” yang diadakan pada Sabtu, 31 Oktober 2020. Secara garis besar, kendala yang dihadapi oleh keempat negara dari masing-masing narasumber memiliki persamaan. Antara lain, kurangnya ketersediaan kamar tidur di ICU karena rumah sakit dipenuhi pasien Covid-19.

Baca Juga: Nathania Luvena, Penulis Berusia 17 Tahun asal Banten yang Berhasil Menulis 15 Buku

Selain itu, meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga, kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) dan jumlah pengangguran yang meningkat.

Masalah lainnya yakni menyangkut sistem pendidikan di empat negara yang mengalami perubahan secara drastis, ada kesenjangan pendidikan semakin terasa ketika belum semua pelajar bisa menerapkan belajar online dengan perangkat teknologi yang memungkinkan.

Perwakilan Turki, Muhammet Sümbül menilai bahwa pemerintah Turki terlihat sudah sangat siap dalam menangani pandemi Covid-19. Pemerintah sigap menyiapkan satu juta testing dalam satu bulan. Menurutnya, kesiapan ini jauh lebih baik daripada negara Eropa lainnya.

Baca Juga: Tetap Eksis di Panggung Lawak dan Hiburan Indonesia, Haji Bolot: Gue Cari Senang, Bukan Cari Kaya

Diskusi ini juga sempat memanas dengan adanya perbedaan pendapat tentang “Apakah anak muda benar-benar memerlukan vaksin atau tidak?”

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x