Buat Kalian Kaum Milenial, Ini Rekomendasi Film Inspiratif untuk Mengisi Hari Sumpah Pemuda

- 27 Oktober 2020, 22:23 WIB
Bumi Manusia
Bumi Manusia /Lenteratodai

SERANGNEWS.COM – Hari Sumpah Pemuda genap berusia 92 tahun kita peringati bersama pada Rabu 28 Oktober 2020. Hari bersejarah yang mengingat kembali kita pada semangat anak muda untuk mewujudkan Indonesia merdeka.

Seperti kita tahu, pada 28 Oktober 1928, para pemuda-pemudi Indonesia mengikrarkan sumpahnya untuk bertanah air, berbangsa, dan berbahasa satu, yakni Indonesia.

Banyak cara bagi kita untuk mengisinya dengan berbagai kegiatan positif. Mulai dari seminar, diskusi, dan agenda-agenda yang membangkitkan semangat kepemudaan kita. Slaah satunya menonton film yang bergenre sejarah yang senafas dengan semangat anak muda.

Baca Juga: Tangkapan Nelayan Kota Serang Menurun, Harga Ikan Di Pelelangan Naik

Untuk kalian anak muda atau kaum milenial yang hobi nonton film, berikut Tim Serangnews.pikiran-rakyat.com himpun dari berbagai sumber, beberapa film bergenre sejarah yang dapat dijadikan rujukan penyemangat sekaligus inspirasi di tanah air.

1. Bumi Manusia

Film Bumi Manusia mengisahkan awal pada abad ke-20, di mana Indonesia masih berada di bawah penjajahan Belanda. Film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini, disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan Salman Aristo sebagai penulis scenario. Film ini bercerita tentang dua manusia yang meramu cinta sekaligus gagasan awal sejarah pers nasional.

Baca Juga: Pemkot Serang Belum Terima Laporan Dugaan Pemotongan Bantuan untuk UMKM

Minke yang diperankan oleh Iqbal Ramadhan adalah pemuda pribumi yang diperbolehkan bersekolah di HBS. HBS merupakan sekolah untuk orang-orang Eropa, khususnya Belanda. Orang-orang Indonesia yang boleh bersekolah di HBS hanyalah mereka yang berasal dari kalangan ningrat atau pejabat. Minke sangat disegani oleh teman-teman Belanda-nya karena memiliki pemikiran yang revolusioner dan terus melawan ketidakadilan.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x