Tanpa Disadari, 10 Tanda Ini Bukti Kamu Alami Trauma, Ini Daftarnya

- 19 Mei 2022, 16:35 WIB
Ilustrasi traumatis yang perlu segera disembuhkan.
Ilustrasi traumatis yang perlu segera disembuhkan. /pixabay

SERANG NEWS - Setiap orang memiliki kebiasaan yang khas dan berbeda-beda. Kadang kebiasaan yang kita lihat wajar dan manusiawi, orang memandangnya aneh. Bisajadi itu adalah tanda kecemasan yang dimiliki.

Ada banyak tanda kecemasan di dunia ini diantaranya adalah gugup, takut bicara didepan umum, ataupun takut berada ditengah-tengah keramaian.

Namun jika diperhatikan lagi, ada banyak bentuk tanda kecemasan yang amat samar dan tidak begitu jelas. Seperti orang yang sebenarnya nyaman berada ditengah-tengah banyak orang tapi tak mau hadir dalam undangan makan malam berdua.

Baca Juga: Selain untuk Diet, Ini Manfaat Biji Bunga Matahari Menurut Ahli Kesehatan

Ada pula orang yang senang bercanda dan banyak bicara dalam kelompok kecil, tiba-tiba menjadi pendiam di acara-acara sosial.

Perilaku kecemasan ini banyak dialami oleh sebagian orang dan banyak diantaranya disebabkan oleh trauma masa kecil.

Dilansir dari psychology today 14 Mei 2022, penelitian telah menunjukkan bahwa trauma masa kecil saling berhubungan dengn banyak gejala kecemasan, pengalaman kita di masa kecil sering mengarah pada manifestasi perilaku yang ada hingga kita dewasa.

Baca Juga: 6 Manfaat Konsumsi Telur 2 Butir Sehari Menurut dr Zaidul Akbar, Pertama Cocok untuk yang Sedang Diet

Salah satu contohnya seperti rasa takut dipandang atau dievaluasi secara negatif oleh orang lain merupakan manifestasi dari pengalaman masa kecil yang sering mendapat teguran dengan cara yang negatif.

Banyak anak-anak yang sering ditempatkan dalam situasi di mana mereka tidak dapat melarikan diri, seperti membutuhkan orang lain untuk mengadu atau tempat yang aman untuk menghindar, ini dapat menyebabkan banyak perilaku penghindaran ketika dewasa.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x