Jarang Diketahui, Ini Asal Usul, Kegunaan dan Daftar Tahun Shio, Manakah Shio Anda?

- 30 April 2022, 22:14 WIB
Ilustrasi Shio / Pixabay/minadori
Ilustrasi Shio / Pixabay/minadori /

SERANG NEWS – Shio bisa dikatakan adalah zodiak versi China. Astrologi Tionghoa ini lebih kompleks dibandingkan astrologi barat. Selain memiliki dua belas simbol binatang, ramalan shio juga dipengaruhi oleh yin dan yang , dan lima elemen.

Shio diambil dari bahasa Hokkian sheshio, sedangkan di negeri asalnya, sebutan aslinya adalah shengxiao. Setiap tahun memiliki lambang shio sendiri dan pergantian shio terjadi setiap tahun baru China.

Shio merupakan simbol binatang yang mewakili siklus tahunan dalam kalender tahun baru China. Setiap tahun shio berganti berurutan sesuai dengan siklus kalender China yang berputar.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer, Leo, Virgo Hari Ini Minggu 1 Mei 2022: Karier, Asmara, Keuangan dan Kesehatan

Oleh karena itu, setiap 12 tahun shio yang sama akan muncul. Lalu, apa tujuan shio ini dibuat, bagaimana awal kemunculan dan penentuan nama hewan, dan bagaimana caranya mengetahui shio seseorang?

Kisah terciptanya shio menjadi awal permusuhan kucing dan tikus

Inilah kisah awal mula shio menurut YouTube channel Amazsto:

Pada zaman dahulu kala orang China tidak mengenal siklus tahun, mereka hanya mengenal hari dan bulan saja. Kaisar Langit berpikir alangkah baiknya membuat siklus tahun untuk membantu manusia dalam menghitung waktu.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries, Taurus, Gemini Hari Ini Minggu 30 April 2022: Kesehatan, Karier, Asmara dan Keuangan

Ia memutuskan membuat siklus yang terdiri dari 12 tahun dan menamai tiap tahun tersebut dengan nama hewan. Untuk memutuskan nama-nama hewan apa saja yang akan terpakai dalam siklus tahun itu, Kaisar Langit mengumumkan lomba lari untuk para hewan di bumi.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x