Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Tidak Disangka Ini Wasiat Terakhirnya Soal Pemakaman Sebagai Laki-laki

- 17 Februari 2022, 13:02 WIB
Petugas pemakaman memakamkan jenazah artis senior Dorce Gamalama dengan protokol COVID-19 di TPU Bantar Jati, Cipayung, Jakarta, Rabu (16/2/2022). Dorce Gamalama meninggal dunia pada usia 59 tahun akibat infeksi virus Covid-19.
Petugas pemakaman memakamkan jenazah artis senior Dorce Gamalama dengan protokol COVID-19 di TPU Bantar Jati, Cipayung, Jakarta, Rabu (16/2/2022). Dorce Gamalama meninggal dunia pada usia 59 tahun akibat infeksi virus Covid-19. /Foto: ANTARA FOTO/DIKIR/
 
 
 
SERANG NEWS - Artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia pada 16 Februari 2022 sekitar pukul 7.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).
 
Dorce Gamalama memang sudah mengalami sakit keras sejak beberapa bulan lalu hingga membuat dirinya tak mampu untuk berjalan dan hanya hidup diatas kursi roda.
 
Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya Dorce Gamalama sempat berwasiat di sebuah podcast milik Denny Sumargo.
 
Dorce Gamalama berwasiat bahwa dirinya ingin dimakamkan sebagai perempuan.
 
Tak hanya itu sebelum berakhir hidupnya Dorce Gamalama sudah menyiapkan perlengkapan kematian untuk dirinya, seperti kain kafan hingga permakaman.
 
"Saya perempuan. Ya saya punya kelamin perempuan. Mandikan saya dengan pakaian perempuan, sebagai seorang wanita," kata Dorce Gamalama dikutip SerangNews dari kanal YouTube Denny Sumargo.
 
 
Sontak wasiat Dorce Gamalama itu mengundang sorotan, terutama dari beberapa ulama.
 
Salah satu ulama yang ikut mengomentari wasiat Dorce Gamalama adalah Buya Yahya.
 
“Seorang laki-laki yang lahir laki-laki, kemudian dirubah menjadi perempuan, hakikatnya dia tetap laki-laki. Cara merawat jenazahnya laki-laki, karena dia bukan perempuan sesungguhnya,” ucap Buya Yahya.
 
Setelah mendengar nasihat yang disampaikan oleh Buya Yahya akhirnya Dorce Gamalama menyerahkan semuanya kepada pihak keluarga.
 
"Kepada kyai dan ustadz yang telah menerangkan keadaan mati saya, siapa yang akan memandikan saya biarkanlah keluarga saya yang akan mengurusnya," ucapnya.
 
 
Setelah mendengarkan beberapa nasihat, akhirnya Dorce Gamalama dimakamkan sebagai laki-laki di TPU Bantarjati, Jakarta Timur.
 
Prosesi pemakaman Dorce Gamalama yang dilakukan sebgai laki-laki telah dipikirkan matang-matang oleh pihak keluarga.
 
Alasan keluarga Dorce Gamalama yang memakamkannya sebagai laki-laki adalah karena Dorce sudah berpesan menyerahkan semuanya kepada pihak keluarga.
 
"Mama sudah menyerahkan kepada kita anak-anaknya jika hal seperti ini terjadi menyerahkan kepada kita, dan kita memutuskan untuk sesuai dengan lahirnya mama," ucap keluarga Dorce.
 
 
 
 
Pernyataan keluarga Dorce Gamalama itu dikutip SerangNews dari kanal YouTube Intens Investigasi pada 17 Februari 2022.
 
Dorce Gamalama dimakamkan satu liang lahat dengan saudaranya yang bernama Indra.***
 
 

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x