Masih Dipercaya Membawa Keberuntungan dan Keselamatan, Ini Cara Orang Jawa Menentukan Arah Hadap Rumah

- 1 Oktober 2021, 10:00 WIB
Pemkab Bekasi membuka lokasi isolasi mandiri terpusat di lingkungan perumahan mewah di komplek Beverly Hills, Jalan H Usmar Ismail, Jababeka, Cikarang Timur, Rabu 28 Juli 2021.
Pemkab Bekasi membuka lokasi isolasi mandiri terpusat di lingkungan perumahan mewah di komplek Beverly Hills, Jalan H Usmar Ismail, Jababeka, Cikarang Timur, Rabu 28 Juli 2021. /Pikiran Rakyat/Tommi Andryandy/

SERANG NEWS - Masyarakat Indonesia tidak pernah lepas dari tradisi kepercayaan jaman dulu. Biasanya sebagai dari masyarakat Indonesia masih menjaga nilai-nilai, tradisi dan kepercayaan dalam berperilaku sehari-hari.

Seperti misalnya orang Jawa. Dari mereka banyak kepercayaan luluruh atau masyarakat masa lalu yang terus terjaga dan terwarisi dengan baik, hingga zaman modern seperti sekarang ini.

Banyak kepercayaan masyarakat Jawa yang hingga sekarang ini masih digunakan dalam kehidupan sehari hari, salah satunya menentukan arah hadap rumah berdasarkan hitungan Jawa.

Masyarakat Jawa masih percaya bahwa arah hadap rumah yang baik bisa membawa keberuntungan.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, masyarakat Jawa dahulu biasanya membangun rumah menghadap Utara dan Selatan.

Sementara khusus keraton, selalu menghadap ke timur. Penentuan arah hadap rumah itu dipercaya oleh masyarakat Jawa membawa keberuntungan, rezeki dan kebaikan pada si pemilik rumah.

Baca Juga: dr Zaidul Akbar Rekomendasikan Herbal Ini, Sembuhkan Segala Penyakit Kecuali Maut

Bagaimana cara menentukan arah hadap rumah? Nah, sebagian orang aja masih percaya bahwa arah hadap rumah yang sesuai akan membawa pada keselamatan dan keberkahan si pemilik rumah.

Arah-arah itu memiliki simbolis yang berkaitan dengan bangunan. Hal itu juga berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Jawa pada Dewa yang menunggu empat arah mata angin, seperti misalnya berikut.

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah