Israel Sebut Qatar bisa Mendapatkan F-35 Dari Amerika Serikat

- 25 Oktober 2020, 20:10 WIB
Foto: ilustrasi/reuters
Foto: ilustrasi/reuters /

 

 

 

SERANGNEWS.COM - Seorang menteri kabinet Israel mengatakan bahwa penjualan pesawat tempur F-35 canggih AS ke Qatar dapat dilakukan. Kendati, Israel keberatan atas kesepakatan semacam itu mengingat hubungan negara Teluk itu dengan Iran dan Hamas Palestina.

“Saya yakin jika mereka (Qatar) menginginkannya dan bersedia membayar, cepat atau lambat mereka akan mendapatkannya,” ucap Menteri Energi Yuval Steinitz, yang duduk di kabinet keamanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengatakan kepada Ynet TV sebagaimana dilansir dari Reuters.


"Ini adalah anggapan yang harus kita pertimbangkan," katanya. Dia beralasan bahwa pemerintah AS pada akhirnya memperhatikan kepentingan Amerika, terutama dalam menghadapi jet siluman saingan yang ditawarkan dari Rusia dan China.

Reuters melaporkan pada 7 Oktober lalu, bahwa Qatar yang kaya gas telah mengajukan permintaan resmi untuk membeli F-35, sebuah pesawat Lockheed Martin LMT.N yang sejauh ini hanya dipasok ke Israel di wilayah tersebut.

Israel yang berkonsultasi dengan Washington tentang penjualan semacam itu, mengatakan akan ditentang.
Pejabat AS telah terbuka untuk menjual F-35 ke Uni Emirat Arab setelah itu dan Bahrain menormalisasi hubungan dengan Israel pada 15 September. Namun mereka bungkam pada tawaran Qatar untuk membeli jet tersebut.

Pemerintahan AS berturut-turut telah berusaha untuk mempertahankan superioritas militer Israel di wilayah tersebut. Steinitz mencatat, bagaimanapun, bahwa telah terjadi penjualan pesawat canggih AS di masa lalu ke negara-negara Arab karena keberatan Israel.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x