Mencari Jejak Kehidupan Masa Lalu di Mars, ESA Rilis Video Ujicoba Parasut ExoMars

- 6 September 2021, 18:28 WIB
Ujicoba parasut untuk misi ke Mars
Ujicoba parasut untuk misi ke Mars /Tangkap layar/YouTube European Space Agency

SERANG NEWS - European Space Agency (ESA) atau Badan Antariksa Eropa baru-baru ini merilis video ujicoba jatuhnya parasut untuk ExoMars.

Dalam video itu ditunjukan, pesawat ruang angkasa itu akan menjadi lambat saat mendekati permukaan Planet Mars.

Tim ExoMars melakukan ujicoba jatuhnya parasut sebagai persiapan penting untuk pendaratan yang aman di Mars pada 2023 mendatang.

Baca Juga: Aktivis Oposisi dan Rakyat Guinea Sambut Kudeta, Tak Ada Lagi Konstitusi Masa Jabatan Presiden Tiga Periode

"Rover Rosalind Franklin Eropa akan mencari tanda-tanda kehidupan masa lalu di bawah permukaan Mars dengan bor dua meter dan laboratorium onboard yang unik," tulis Esa dikutip dari digitaltrends pada Senin 6 September 2021.

"Platform ilmu permukaan Rusia Kazachok akan mempelajari lingkungan di lokasi pendaratan. Mendarat di Mars selalu merupakan upaya yang menantang dan semua parameter yang mungkin diperhitungkan," tambahnya.

Dijelaskan, parasut terdiri dari beberapa elemen, sehingga pengujian dilakukan pada parasut supersonik tahap pertama dan parasut subsonik tahap utama kedua.

Baca Juga: Kim Jong Un Salahkan Perubahan Iklim yang Sebabkan Krisis Pangan di Korea Utara

Tahap pertama memperlambat pesawat ruang angkasa dari kecepatan tinggi yang melebihi kecepatan suara. Sedangkan tahap kedua, sistem dua bagian diperlukan karena atmosfer di Mars sangat tipis, hanya 1 persen dari kepadatan atmosfer Bumi.

Sehingga parasut harus bekerja ekstra keras untuk memperlambat pesawat saat mendekati permukaan. Setelah parasut, sistem propulsi memperlambat pesawat lebih jauh sebelum mendarat dengan lembut di permukaan.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Digital Trends


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x