Viral Spesifikasi Laptop Merah Putih Cuma HDD 32 GB tapi Dibanderol Rp10 Juta, Netizen: Pasang Flashdisk Aja

- 30 Juli 2021, 10:55 WIB
Viral Spesifikasi Laptop Merah Putih Cuma HDD 32 GB tapi Dibanderol Rp10 Juta, Netizen: Pasang Flashdisk Aja
Viral Spesifikasi Laptop Merah Putih Cuma HDD 32 GB tapi Dibanderol Rp10 Juta, Netizen: Pasang Flashdisk Aja /Tangkapan layar Twitter/@ArditErwandha//

SERANG NEWS- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek (Kemendikbud ristek) belakangan disorot publik dan bikin heboh media sosial.

Lantaran program pengadaan laptop untuk sekolah yang beredar, terkait spesifikasi laptop Merah Putih buatan Zyrex diduga jomplang dengan harga yang dialokasikan Kemendikbudristek.

Diketahui, Kemendikbudristek mengalokasikan dana Rp2,4 triliun untuk pengadaan 240 ribu laptop bagi sekolah dalam program tersebut.

Baca Juga: Daftar Terbaru Laptop Berkualitas Baik dengan Harga Terjangkau Tahun 2021

Program laptop Merah Putih tercantum dalam Peraturan Mendikbud RI 5/2021 yang ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Sementara dari alokasi anggaran sebesar Rp2,4 triliun itu, netizen mencoba menghitung untuk tiap 1 unit laptop yang dibanderol harga kisaran Rp10 juta.

Terlebih spesifikasi laptop Merah Putih yang diungkap Kemendikbudristek, bertipe prosesor core: 2, monitor 11 inci, memori standar terpasang 4 GB DDR4, hard drive: 32 GB, sistem operasi Chrome OS, dan lainnya.

Melihat spesifikasi tersebut, publik menganggap terlalu rendah jika dibandingkan dengan alokasi anggaran dan harga per unit sebesar Rp10 juta.

Baca Juga: Cara Cek Daftar Penerima BST Rp 300 Bulan Juni 2021, Bisa Dilakukan Melalui HP, Laptop atau Komputer

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x