Kapal Babinsa Merah Putih II Siap Berlayar, Dandim Pandeglang: Nelayan Bisa Buat Kapal Ferrocement Sendiri

- 25 Mei 2021, 19:21 WIB
Kapal jenis ferrocement dengan nama Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601 Pandeglang siap berlayar.
Kapal jenis ferrocement dengan nama Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601 Pandeglang siap berlayar. /Dok. Dandim 0601 Pandeglang/

SERANG NEWS - Kapal jenis ferrocement yang diberi nama Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601 Pandeglang siap berlayar.

Kapal bikinan para Babinsa di bawah Kodim 0601 Pandeglang yang dikerjakan sejak 6 Januari 2021 tersebut tinggal menyelesaikan tahap finishing.

Kapal tersebut merupakan produk kedua setelah sebelumnya pada 6 November 2020 telah membuat kapal serupa dan diresmikan langsung oleh Pangdam III/Siliwangi.

Baca Juga: TNI AD Kirim 'Pasukan Setan' untuk Memburu KKB di Papua

Dandim 0601/Pandeglang Letkol Kav. Dedi Setiadi mengatakan, bahwa wilayah Kodim 0601/Pandeglang memiliki garis pantai yang cukup luas. Karenanya, masyarakat yang tinggal di pesisir pantai mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan.

Kendati demikian, masih banyak para nelayan yang tidak memiliki kapal penangkap ikan yang besar untuk melaut. Hal itu tak lepas dari mahalnya biaya produksi pembuatan kapal baik yang terbuat dari bahan dasar kayu maupun fiber.

"Karena masih banyaknya nelayan yang belum mampu untuk membuat serta membeli Kapal, kita kodim 0601/Pandeglang memberikan contoh membuat kapal Ferosement dengan biaya yang murah," kata Dandim saat syukuran pembuatan Kapal Babinsa yang kedua di kampung Pagedongan Desa Sukajadi Kecamatan Carita Pandeglang Banten, Selasa 25 Mei 2021.

Baca Juga: Ajak Warga Giat Berolahraga, Danrem 064 Serang: Imun Tubuh Kuat Cegah Tertular Covid-19

Pihaknya bersyukur karena Kapal Babinsa kedua tinggal tahap finishing dan segera bisa berlayar.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x