Canggih! China Pasang Matahari Buatan Generasi Terbaru di Chengdu

- 5 Desember 2020, 15:28 WIB
Ilustrasi matahari, bumi
Ilustrasi matahari, bumi /Tangkapan layar dari pixabaya/qimono/

SERANG NEWS - Negara China berhasil pasang matahari buatan generasi terbaru di Chengdu, Provinsi Sichuan.

Matahari buatan tersebut dikenal dengan nama Tokamak HL-2M. Ini menunjukan China merupakan negara yang menguasai dalam desain, kontruksi, dan pengoprasian teknologi.

Dikutip Serangnews.com dari Antara Sabtu 5 November 2020 China menguasai desain, konstruksi, dan pengoperasian teknologi perangkat Tokamak canggih berskala besar, demikian Badan Energi Atom China (CAEA).

Baca Juga: Membanggakan, Wakili Indonesia Anies Baswedan Terpilih Jadi Wakil Ketua C40 Cities 

Tokamak HL-2M dirancang untuk merespons reaksi alami yang terjadi di bawah sinar matahari agar bisa menyediakan energi bersih melalui pengendalian fusi nuklir.

Dengan struktur dan model yang lebih canggih dan terkendali, peralatan baru tersebut dapat menghasilkan plasma yang lebih panas dari 200 juta derajat Celcius dan tingkat arus listrik plasma dapat ditingkatkan hingga lebih dari 2,5 triliun ampere.

CAEA mengklaim matahari buatan yang sudah terinstal di Chengdu itu yang tercanggih dan terbesar dengan parameter tertinggi di China.

Baca Juga: Tayang Malam Ini Sabtu 5 Desember di Trans 7: Reuni Pemain OVJ, Sule dan Andre Taulany Hadir?

Mesin tersebut mampu memberikan dukungan teknis utama bagi China dalam mengembangkan fusi nuklir berkualitas tinggi dan menjadi platform internasional.

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x