ASEAN Diharapkan Punya Strategi Hadapi Isue Keamanan Pasca Covid-19

- 24 November 2020, 22:42 WIB
Ilustrasi bola dunia
Ilustrasi bola dunia /Pixabay/Qimono/

SERANG NEWS - Lembaga kajian hubungan internasional The Habibie Center gelar diskusi di Jakarta

Diskusi tersebut berisi tentang Perhimpunan Bangsa - Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) diharapkan menyusun dan memiliki strategi yang jelas untuk menghadapi berbagai risiko keamanan yang mungkin terjadi di kawasan selama dan setelah masa pandemi covid-19

Ahli Hukum Internasional dari Universitas Indonesia, Aristyo Rizka Darmawan mengatakan pandemi covid-19 memaksa sebagian besar negara di Asia Tenggara untuk mengalihkan anggaran.

Baca Juga: Sambut Sekolah Tatap Muka, Subadri: Kasihan Orang Tua Jadi Guru Dadakan

"Termasuk anggaran bidang pertahanan, untuk menanggulangi covid-19, dan keputusan itu menyebabkan terbatasnya kemampuan negara - negara untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan di Laut China Selatan," katanya dikutip Serangnews.com dari Antara Selasa 24 November 2020.

China diyakini meningkatkan aktivitas militernya di Laut China Selatan, perairan yang jadi sumber sengketa beberapa negara anggota ASEAN dan China, selama masa pandemi, khususnya pada medio Juli dan Agustus 2020.

Beberapa media seperti The Diplomat dan The South China Morning Post (SCMP) memberitakan militer China melakukan uji coba peluncuran dua rudal balistiknya, DF-21D dan DF-26B dari dua tempat yang berbeda ke arah Laut China Selatan, tepatnya di perairan dekat Kepulauan Paracel dan Pulai Hainan saat latihan militer pada 26 Agustus. Kepulauan Paracel dan perairan di sekitarnya merupakan wilayah yang saat ini masih diperebutkan oleh Vietnam, China, dan Taiwan.

Baca Juga: Tidak Hanya Hadirkan Pakain, CoreNation Active Turut Hadirkan Aksesoris Olahraga

Menurut pemberitaan The Diplomat dan SCMP minggu lalu beberapa sumber yang mengetahui uji coba itu mengatakan rudal tidak jatuh ke perairan kosong, tetapi menyasar ke kapal bergerak.

Halaman:

Editor: Adi R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x