Sindir Wayang, Ganjar Pranowo: yang Bilang Wayang Dibakar itu Diajari Wayangan

- 23 Februari 2022, 22:27 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang memainkan wayang Yudistira atau Puntadewa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang memainkan wayang Yudistira atau Puntadewa. /Twitter @ganjarpranowo/

SERANG NEWS – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut menyinggung soal wayang yang belakangan sedang menjadi perbincangan publik.

Ganjar menceritakan salah satu dalang terkenal di Indonesia, yakni Enthus Susmono, yang juga pernah terpilih sebagai Bupati Tegal.

“Saya inget Bupati Tegal Almarhum Mas Enthus. Beliau itu dalang lho, tapi pada saat dalang, budayanya ada. Tapi ketika kemudian harus menyebarkan agama dengan kebaikan lewat wayang juga ada,” katanya dalam video yang dikutip SerangNews.com dalam cuitan Twitter @ganjarpranowo, rabu 23 Februari 2022.

Ganjar dengan lantang bahkan menyebut akan mempertahankan wayang. Kemudian, ia menyinggung jika ada orang yang akan membakar wayang harus belajar lebih dahulu soal tersebut.

Baca Juga: Karakter Yudistira, Sosok Puntadewa dalam Jagad Wayang Jawa dan Mahabharata yang Diunggah Ganjar Pranowo

“Wayang sampai kapan pun akan kita pertahankan. Jadi kalau ada yang bilang wayang suruh dibakar itu diajari wayangan. Biar tahu Sunan Kalijaga dulu juga masuk,” ucapnya.

Dalam unggahan tersebut, orang nomor satu di Jawa Tengah itu juga menuliskan keterangan soal wayang yang telah menjadi warisan budaya yang diakui UNESCO.

“Wayang kulit telah diakui Unesco sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi dan warisan budaya yang indah dan berharga,” tulisnya.

Baca Juga: Sosok Gatotkaca dalam Cerita Wayang Jawa Mahabharata hingga Diangkat Jadi Film Satria Dewa Gatotkaca

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x