Isi Pidato Soekarno saat Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

- 16 Agustus 2021, 19:34 WIB
Soekarno dan Bung Hatta saat membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
Soekarno dan Bung Hatta saat membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. /Foto: Dok. Arsip Nasional RI/

SERANG NEWS – “Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnya.” Soekarno.

Ucapan dari penggalan pidato Soekarno saat detik-detik pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu masih ternging di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke-76, pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Selayaknya 76 tahun silam, pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada HUT RI ke-76, akan menjadi hari yang paling ditunggu seluruh penjuru Tanah Air.

Semua menyambut penuh antusias hari bersejarah sang Merah Putih dikibarkan atas nama bangsa yang merdeka.

Baca Juga: Teks Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Versi Asli yang Disusun Soekarno, Hatta dan Soebardjo

“Pada pukul 10.00 pagi, tampilah Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di muka serambi rumah Pegangsaan Timur 56,” demikian diceritakan dalam dokumen risalah sidang PPKI dan BPUPKI yang diterbitkan Sekretariat Negara pada 1992 yang dikutip SerangNews.com.

Suana pun tampak hikmad mengiring langkah sang proklamator ke mimbar sederhana yang telah dipersiapkan untuk menyarakan Kemerdekaan Indonesia.

Di sampingnya ada Moh. Hatta. Juga tokoh-tokoh perintis kemerdekaan lain dan para pemuda-pemudi yang bersiap menerikan kata merdeka.

Suasana seketika sunyi. Sampai akhirnya, terdengarlah suara Bung Karno menguncapkan pidato bersejarah itu.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x