Sosok Kiai Sahal dari Lopang Serang, Guru Pertama Syekh Nawawi Al Bantani

- 25 April 2021, 02:30 WIB
Makam Kiai Sahal Lopang Serang di TPU Lopang Cilik, Kota Serang. Sosok Kiai Sahal adalah guru pertama Syekh Nawawi Al Bantani.
Makam Kiai Sahal Lopang Serang di TPU Lopang Cilik, Kota Serang. Sosok Kiai Sahal adalah guru pertama Syekh Nawawi Al Bantani. /Ken Supriyono/SerangNews.com/

SERANG NEWS - Buah karya Syekh Nawawi Al Bantani tak lepas dari garis keilmuan guru-gurunya atau yang dikenal sebagai sanad.

Inilah sosok Kiai Sahal dari Lopang Serang, Banten, yang tercatat sebagai guru pertama, yang meletakkan pondasi dasar keilmuan Syekh Nawawi Al Bantani.

Kedalaman ilmu Syekh Nawawi Al Bantani memang didapat dari proses pendakian panjang. Sekurang-kurangnya, sebelas ulama-ulama besar menjadi gurunya selama di Mekkah.

Tapi, jauh sebelum merintis jalan pemikiran di Tanah Suci, pengetahuan Syekh Nawawi Al Bantani kecil dibasuh ayahnya, Kiai Umar Ibn Arabi di kampung kelahiran di Tanara, Kabupaten Serang.

Baca Juga: Ada Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan, Ini Murid Syekh Nawawi Al Bantani dan Spirit Perjuangan dari Mekkah

Rujukan sang ayah, menapaki jalan Nawawi remaja kepada Kiai Sahal. Ulama masyhur, yang pada masanya bermukim di perkampungan Lopang, Serang. Bukti sohihnya, tertuang pada kitab Nashoihul Ibad (Nasehat penghuni Dunia) yang disusunnya sendiri.

Pengakuan itu pun dirujuk Profesor HM Tihami dan Mufti Ali dalam menyusun ‘Prospografi Syekh Nawawi (1813-1897)’: Biografi, Geneologi Intelektual dan Karya.

Ringkasnya, ulama masyhur penulis 40 kitab itu menulis, setelah belajar agama secukupnya kepada ayahanda, Nawawi beserta dua saudaranya, Tamim dan Ahmad menerima pengajian dari Kiai Sahal.

Karya monumental orientalis Belanda Snouck Horgronje berjudul Mekka in the Latter Part of Nineteenth Century, pun berkali-kali menyebut Kiai Sahal sebagai guru Syekh Nawawi dan saudara-saudaranya.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x