Legenda dan Asal-usul Warna Merah saat Perayaan Imlek, Simak Penjelasannya!

- 11 Februari 2021, 08:49 WIB
Suasana Imlek /
Suasana Imlek / /PIXABAY / Lancier

SERANG NEWS - Sebagai warna yang sangat poper di China, warna merah juga sebagai simbol keberuntungan dan rejeki terutama saat perayaan Imlek.

Saat Imlek, pakaian merah, pernak-pernik, sampai amplop dan lain-lain pun tidak terlepas dari warna merah.

Jika Anda tidak mengetahui kenapa warna merah menjadi warna yang populer di China, terutama saat hari-hari besar mereka seperti Imlek, inilah saatnya untuk Anda tahu.

Baca Juga: Ivan Rakitic Cetak Gol, Harapan Barcelona Rengkuh Gelar Copa Del Rey Menipis

Legenda mengatakan bahwa semuanya dimulai dengan kehadiran seekor Nian, binatang buas seperti banteng berkepala singa yang akan meneror penduduk desa, memakan tanaman, ternak, dan bahkan menyerang anak-anak pada tahun baru.

Tetapi penduduk desa mengetahui bahwa Nian, yang wujudnya seperti banteng tersebut takut pada tiga hal, yaitu api, keramaian dan warna merah.

Baca Juga: Andin Cerita Ke Papa Surya Soal Saksi, Pak Sodikin Minta Maaf, Sinopsis Ikatan Cinta Kamis 11 Februari 2021

Singkat cerita, warga pun akhirnya bisa mengalahkan Nian, dan sejak saat itu warna merah dianggap membawa keberuntungan dan rejeki bagi mereka.

Anda beruntung, karena Anda tidak perlu mengalahkan Nian untuk merayakan Tahun Baru Imlek tahun 2021 ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengenakan pakian bernuansa merah.

“Biasanya lentera merah digantung di luar pintu untuk menangkal kesialan,” kata Karen Katz, penulis buku bergambar Tahun Baru Imlek Pertama Tahun 2012.

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: rd.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x