Milad HMI ke-74, Begini Sejarah Berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam

- 5 Februari 2021, 14:18 WIB
Logo HMI
Logo HMI /sejarahlengkap.com

SERANG NEWS – Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merayakan hari jadi yang ke-74. Sebagai organisasi mahasiswa Islam, HMI resmi terbentuk pada 5 Februari 1947, di ruang kelas Sekolah Tinggi Islam (STI) yang kini berganti menjadi Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Adalah seorang Lafran Pane yang menggagas dibentuknya organisasi HMI.

”Sesungguhnya, tahun-tahun permulaan riwayat HMI adalah hampir identik dengan kehidupan Lafran Pane sendiri. Karena dialah yang punya andil terbanyak pada mula lahirnya HMI kalau tidak boleh kita katakan sebagai tokoh pendiri utamanya.” (Media, No.7 Th. III. Rajab 1376 H/ Februari 1957,h. 32). SerangNews.com mengutip dari Modul Pedoman LK I Basic Training HMI Cabang Ciputat 2018. Dikutip Jumat 5 Februari 2021.

Baca Juga: Bocoran cerita Love Story The Series Jumat 5 Februari 2021, Ken dan Reza Berniat selidiki kasus Wilantara

HMI dan Lafran Pane tidak bisa dipisahkan. Identitas keduanya sangat melekat menjadi satu.

HMI lahir dari pergolakan pemikiran Lafran Pane atas aksi penjajahan Belanda atas Indonesia dan tuntutan perang merebut kemerdekaan.

Lafran juga membaca adanya kesenjangan dan kejumudan umat Islam dalam pengetahuan, pemahanan dan penghayatan serta pengamalan ajaran Islam. 

HMI lahir karena adanya kebutuhan akan pemahaman, penghayatan keagamaan umat Islam di Indonesia dan munculnya polarisasi politik antara kelompok agama khususnya Islam dengan nasionalis.

Baca Juga: Trailer Ikatan Cinta Jumat 5 Februari 2021, Andin Cecar Elsa: Kamu Hamil Anaknya Siapa?

Halaman:

Editor: Muh Iqbal Zikri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x