Ibadah Puasa Ramadhan 2023, Ini Kewajiban Orang yang Berpuasa Berdasarkan Sabda Rasulullah SAW

- 23 Maret 2023, 06:20 WIB
Ibadah Puasa Ramadhan 2023, Ini Kewajiban Orang yang Berpuasa Berdasarkan Sabda Rasulullah SAW
Ibadah Puasa Ramadhan 2023, Ini Kewajiban Orang yang Berpuasa Berdasarkan Sabda Rasulullah SAW /Pexels.com/@thirdman

SERANG NEWS - Ramadhan 2023 saat ini sudah tiba, ini artinya saatnya umat muslim di seluruh dunia untuk menjalani ibadah puasa.

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan 2023 ini, ada beberapa kewajiban yang harus anda ketahui.

Kewajiban dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan 2023 khususnya ini bukan hanya sekedar menahan diri dari rasa haus dan lapar saja.

Untuk mengetahui apa saja kewajiban orang yang berpuasa tentu kita harus mengetahui pengertian yang terkandung dalam ibadah puasa ramadhan, baik secara zahir maupun maknawi.

Baca Juga: Rahasia Amalan, Doa Hari Pertama Puasa Ramadhan 2023, Lengkap Bahasa Indonesia dan Terjemahan

Secara bahasa puasa berarti “menahan”. Maryam berkata: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”..” (QS. Maryam : 26).

Kemudian, adapun secara istilah puasa berarti “menahan dari makan, minum dan jima’ (bersetubuh) serta hal-hal yang membatalkan puasa dalam rangka ibadah yang dimulai sejak terbitnya fajar sampai dengan tenggelamnya matahari”.

Hal ini sebagaimana isi dari firman Allah swt : “…maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa-apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (QS. Al Baqarah: 187).

Baca Juga: Lupa Baca Niat Puasa, Bagaimana Hukumnya? Ini Jawaban Fatwa Syekh ‘Athiyyah Shaqar, Kamu Wajib Tahu

Halaman:

Editor: Iqbal Suryadikusumah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x