Doa Niat Puasa Ramadhan 2023 dan Penjelasan Kewajiban Orang Berpuasa Berdasarkan Qur'an dan Hadist

- 20 Maret 2023, 19:42 WIB
Doa niat puasa Ramadhan 2023 dan penjelasan dalil pentingnya puasa berdasarkan Al-Qur'an dan hadist.
Doa niat puasa Ramadhan 2023 dan penjelasan dalil pentingnya puasa berdasarkan Al-Qur'an dan hadist. /Pixabay/chiplanay

SERANGNEWS - Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan sangat spesial bagi seorang muslim.

Selama Ramadhan, Umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan Puasa Ramadhan yang menjadi salah satu rukun Islam.

Artikel ini akan memberi penjelasan kewajiban orang berpuasa berdasarkan Al-Qur'an dan hadist lengkap doa niat puasa Ramadhan.

Untuk mengetahui apa saja kewajiban orang yang berpuasa Ramadhan, tentu harus mengetahui pengertian yang terkandung dalam ibadah puasa ramadhan, baik secara zahir maupun maknawi.

Secara bahasa puasa berarti “menahan”. Maryam berkata: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”..” (QS. Maryam : 26)

Baca Juga: Kapan 1 Ramadhan 2023? Ini Doa Niat dan Rukun Puasa Ramadhan yang Wajib Dihafalkan Umat Muslim

Adapun secara istilah puasa berarti “menahan dari makan, minum dan jima’ (bersetubuh) serta hal-hal yang membatalkan puasa dalam rangka ibadah yang dimulai sejak terbitnya fajar sampai dengan tenggelamnya matahari”.

Firman Allah swt : “…maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa-apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (QS. Al Baqarah: 187)

Orang yang berpuasa, juga wajib menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan dusta, ghibah (menyebutkan kejelekan orang lain), namimah (mengadu domba), laknat (mendoakan orang agar dijauhkan dari rahmat Allah) dan mencaci maki.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x