Doa Awal dan Akhir Tahun Baru Islam, Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

- 29 Juli 2022, 16:26 WIB
Ilustrasi berdoa.
Ilustrasi berdoa. /Pixabay/Mohamed_hassan/

SERANG NEWS - Simak berikut ini adalah bacaan doa awal dan akhir tahun baru Islam lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya.

Tepat pada hari ini, Jumat 29 Juli 2022 merupakan hari terakhir di bulan Dzulhijjah atau tanggal 29 Dzulhijjah.

Sebagian diketahui bahwa doa akhir tahun dibaca saat sebelum memasuki waktu Maghrib di tanggal 29/30 Dzulhijjah.

Baca Juga: Link Download Gratis Poster Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Digunakan Untuk Acara dan Unggah Sosmed

Sementara doa awal tahun dibaca setelah Maghrib pada tanggal 1 Muharram. Sebab perhitungan tahun hijriah dimulai setelah terbenamnya matahari.

Dilansir SerangNews.com dari laman NU Online, berikut adalah bacaan doa awal dan akhir tahun Islam dalam kitab Maslakul Akhyar lengkap dengan Arab, Latin, dan terjemahannya.

Doa Akhir Tahun
اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Baca Juga: Kapan Tahun Baru Islam 2022 1 Muharam 1444 H? Ini Link Twibbon Ucapan untuk Memeriahkannya

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihi sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.


Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x