Dalil Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1443 H yang Dimulai Kamis 3 Februari 2022

- 2 Februari 2022, 04:30 WIB
Dalil Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1443 H yang Dimulai Kamis 3 Februari 2022.
Dalil Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1443 H yang Dimulai Kamis 3 Februari 2022. /Pixabay/mohamed_hassan//

SERANG NEWS – Bulan Rajab disebut menjadi salah bulan yang penuh keutamaan sehingga dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah.

Bagi yang akan menjalankan puasa sunah atau Puasa Rajab, tata cara dan bacaan niatnya ada di dalam penjelasan artikel ini.

Disebutkan bahwa bulan Rajab dalam kalender hijriah dimulaikan selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Dalam Quran disebutkan keistimewaan bulan Rajab yakni surat At Taubah ayat 36. Pada bulan Rajab umat Muslim dilarang berbuat zalim.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ - ٣٦

Baca Juga: Hasil Rukyatul Hilal, 1 Rajab 1443 Hijriah Bertepatan pada Kamis 3 Februari 2022, Ini Niat Puasa Rajab

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS At Taubah ayat 36).

Bahkan pada zaman Nabi, pada bulan Rajab dilarang diadakan perang. Bulan-bulan yang diharamkan untuk perang lainnya yakni Muharram, Dzulqa'dah, dan Zulhijjah.

Lantas kapan Bulan Rajab dimulai?

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x