Jelang Maulid Nabi, Begini Kisah Tahun Gajah dan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

- 11 Oktober 2021, 07:49 WIB
Perbedaan maulid, maulud, dan milad.
Perbedaan maulid, maulud, dan milad. /PIXABAY/matponjot

SERANG NEWS - Kelahiran Nabi Muhammad SAW selalu identik dengan istilah tahun gajah. Istilah tahun gajah ini muncul karena pada tahun 571 Masehi tersebut telah terjadi suatu peristiwa bersejarah tentang kota Mekkah.

Tepatnya serangan Raja Abrahah pada Baitullah (Ka’bah). Bahkan peristiwa tersebut diabadikan pada nama sebuah surat dalam Al-Qur’an yakni Al Fiil (Gajah).

Berikut ini kisah tahun gajah dan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dikutip dari buku 'Atlas Perjalanan Nabi', karya Dr. Sami bin Abdullah al Maghlust.

Baca Juga: Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW, Bangkitkan Semangat Persatuan hingga Ajang Dakwah

Saat itu Abrahah mengirim bala tentaranya ke Al-Mughammas, suatu tempat yang berjarak sekitar 24 kilometer di sebelah timur kota Mekkah dan di sebelah timurnya lagi terdapat gunung Kabkab.

Mereka mengambil harta kekayaan kaum Quraisy dan kabilah-kabilah lainnya. Di antara harta tersebut terdapat 100 ekor unta milik Abdul Muthalib bin Hasyim, pembesar sekaligus tokoh Quraisy.

Untuk itulah kaum Quraisy, Kinanah, Hudzail, dan yang lainnya berniat untuk membunuh Abrahah. Namun, mereka sadar mereka tidak memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut sehingga mengurungkan niatnya.

Baca Juga: Link Twibbon Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah via Twibbonize, Hari Libur Digeser

Kemudian Abrahah muncul dengan bala tentara yang banyak dan gajah besar untuk menghancurkan ka’bah.

Ketika Abrahah dan pasukannya mendekati Baitullah, Abdul Muthalib, kakek Rasulullah keluar dan memintanya untuk untuk meninggalkan Ka’bah.

Halaman:

Editor: Masykur Ridlo

Sumber: BUKU ATLAS PERJALANAN NABI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x