Apa Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri? Berikut Bacaan Niat dan Doa antara Takbir saat Sholat Idul Adha

- 19 Juli 2021, 14:05 WIB
Ilustrasi orang sholat Idul Adha.
Ilustrasi orang sholat Idul Adha. /Pexels.com/Michael Burrows

SERANG NEWS - Idul Adha 2021 dalam penanggalan Islam jatuh pada 10 Dzulhijjah 1442 H atau bertepatan dengan Selasa 20 Juli 2021.

Dengan datangnya Hari Raya Idul Adha, umat Islam dianjurkan melaksanakan Sholat Ied atau Sholat Idul Adha.

Apa perbedaan Sholat Idul Adha dan Idul Fitri?

Sholat Idul Adha dan Sholat Idul Fitri secara umum sama. Hukum Sholat keduanya adalah Sunnah Muakad yang dikerjakan sebanyak 2 rakaat.

Bedanya hanya pada bacaan niat dan waktu pelaksanaan sholatnya. Sholat Idul Adha dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah yang dimulai dengan tiga Puasa Sunnah. Yakni, puasa 7 hari di awal Bulan Dzulhijjah, lalu Puasa Tarwiyah dan Arafah pada hari ke-8 dan 9 Dzulhijjah.

Baca Juga: Tuntunan Tata Cara dan Niat Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H atau Selasa 20 Juli 2021, Lengkap Gerakannya

Sedangkan Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada 1 Syawal setelah diwajibkan melaksanakan puasa sebulan penuh pada Bulan Ramadhan.

Sholat Idul Adha hukumnya sunnah muakkad. Hal ini sebagaimana dengan Sholat Hari Raya Idul Fitri. Dalilnya dapat dijumpai dalam surat Al Kautsar ayat 2 yang artinya "Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah."

Ulama dari kalangan mazhab Syafi’i menyebutkan hukum melaksanakan Sholat Idul Adha adalah sunnah muakkadah. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudhah ath Thalibin.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x