HIKMAH RAMADHAN 4: Keutamaan Mendidik Anak dalam Kitab Tanqihul Qaul Syekh Nawawi Al Bantani

- 16 April 2021, 04:59 WIB
Hikmah Ramadhan: Keutamaan Mendidik Anak.
Hikmah Ramadhan: Keutamaan Mendidik Anak. /pixabay/publicdomainpictures

SERANG NEWS – Anak menjadi salah satu karunia bagi orang tua. Karenanya, mendidik anak menjadi salah satu rasa syukur sekaligus kewajiban atas karunia Allah SWT.

Anak yang sholeh akan menjadi satu dari tiga perkara yang ditinggalkan seorang muslim atas pertanggungjawaban hidupnya di dunia.

Hikmah Ramadhan 4 kali mengulas bab ‘Keutamaan Mendidik Anak’ yang diterangkan dalam Kitab Tanqihul Qaul karya Syekh Nawawi Al Bantani.

Baca Juga: HIKMAH RAMADHAN 3: Keutamaan Ucapan Basmallah, Bisa Dihapuskan Dosa hingga Dijauhkan dari Penyakit

Berikut penjelasan lengkapnya:

Anas RA berkata, “Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Anak lelaki diaqigahi pada hari ketujuh, diberi nama dan dihilangkan kotorannya. Bila mencapai enam tahun, dia dididik. Bila mencapai sembilan tahun, tempat tidurnya dipisah. Bila mencapai tiga belas tahun, dia dipukul karena meninggalkan sholat. Bila mencapai enam belas tahun maka ayahnya mengawinkannya, dengan memegang tangannya seraya berkata, ‘Aku telah mendidikmu, mengajarimu, dan mengawinkanmu. Aku berlindung kepada Allah SWT dari ujianmu di dunia dan siksamu di akhirat.” Demikian penjelasan Ihya.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Orang tua tidak memberi sesuatu yang lebih baik kepada anaknya daripada adab yang baik,” (HR. Tirmidzi dan Hakim dari Amr bin Sa’id bin Ash).

Dari Abu Dzar RA diriwayatkan, beliau berkata, “Aku sedang berada di dekat Nabi Muhammad SAW. Tiba-tiba Hasan dan Husain RA naik ke pundak kakek mereka, Nabi sedang berbicara dengan kami. Usai mengobrol, Nabi Muhammad berkata, ‘Turunkanlah anak-anakku.’

Lalu Ali datang. Ketika melihatnya, mereka takut, lalu turun dari punggung Nabi Muhammad SAW. Beliau bertanya kepada keduanya, ‘Ada apa dengan kalian?’ Mereka menjawab, ‘Kami takut ayah kami.’

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x