Apa Vaksin saat Puasa Ramadhan Batal? Ini Jawabannya secara Agama dan Kesehatan

- 10 April 2021, 11:55 WIB
ilustrasi: Apakah vaksin saat puasa Ramadhan batal.
ilustrasi: Apakah vaksin saat puasa Ramadhan batal. /Pixabay/kfuhlert/

SERANG NEWS – Apa vaksin batal saat puasa Ramadhan? Simak jawabannya secara agama dan kesehatan.

Ya, pertanyaan ini mungkin banyak yang menanyakannya. Bahkan pertanyaan soal batal dan tidaknya puasa Ramadhan saat vaksin menjadi kekhawatiran beberapa masyarakat.

Jika Anda termasuk yang mempertanyakan apa vaksin batal saat puasa Ramadhan? Dalam artikel ini, SerangNews.com coba berikan penjelasan dari salah satu pakarnya.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa Ramadhan, Lengkap dengan Lafal Latin dan Artinya

Baca Juga: 16 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Jokowi: Vaksin Ini Aman dan Halal

Menurut penjelasan Shaikh Dr Ahmad bin Abdul Aziz Al Haddad, Grand Mufti dan Kepala Departemen Fatwa di Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal di Dubai, vaksin saat puasa Ramadhan tidaklah membuat batal puasa.

"Vaksin tidak membatalkan puasa karena dimasukkan ke dalam tubuh secara intramuskuler, sehingga orang yang berpuasa boleh saja disuntik vaksin," kata Al Haddad dikutip dari Gulf News dalam Antara, Sabtu 10 April 2021.

Dari sisi kesehatan, Kepala laboratorium di Rumah Sakit Universitas Fakeeh, Dubai Dr Palat Menon justru menyarankan menyarankan orang divaksin saat puasa.

"Pertama, mereka tidak boleh melewatkan kesempatan untuk divaksinasi karena takut akan beberapa efek samping. Kedua, respon imun dikatakan dua kali lebih efektif saat orang berpuasa," kata Dr Palat.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x