Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban, Ini Tradisi Amalan dan Puasa Sunah yang Dianjurkan saat Bulan Sya’ban

- 25 Maret 2021, 05:00 WIB
Ilustrasi Malam Nifsu Syaban
Ilustrasi Malam Nifsu Syaban /Pixabay/ mohamed Hassan

SERANG NEWS – Selain Muharram, Dulhijjah dan Rajab, bulan Sya’ban termasuk sebagai salah satu bulan yang penuh keutamaan.

Keistimewaan bulan ini dimulai semenjak dari awal bulan hingga akhir bulan, dan yang paling utama saat malam Nisfu Syaban. Malam yang jatuh pada pertengahan bulan Sya’ban, atau bertepatan pada 28 Maret atau malam 29 Maret 2021.

Pada malam Nisfu Sya'ba setiap muslim dianjurkan melakukan amalan untuk evaluasi dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di antaranya, membanyak doa dan melaksanakan sholat 12 rokaat atau sholat tahajjud, dan sholat sunnah lainnya.

Baca Juga: Amalan dan Doa Malam Nisfu Sya’ban Bahasa Arab Disertai Artinya

Baca Juga: Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu Lengkap dengan Artinya 

Ada banyak tradisi yang kerap dijalankan umat muslim saat malam Sya’ban. Misalnya, membaca Surat Yasin tiga kali setelah Sholat Jamaah Maghrib.

Tujuan membaca Surat Yasin adalah hajat atau permintaan tersendiri: Pertama, diniatkan agar mendapatkan karunia dari Allah SWT, yakni berupa umur panjang, sehingga bisa mendapatkan kemanfaatan dalam semua amal ibadahnya.

Kedua, diniatkan supaya terhindar dari wabah, musibah, bala bencana yang akan menimpa kita, dan diniatkan mendapatkan rezeki luas sehingga dapat memanfaatkan rezeki itu untuk beribadah kepada Allah SWT. Ketiga, diniatkan supaya kita mendapatkan khusnul khotimah atau mendapatkan akhir hidup yang baik.

Melaksanakan amalan dan memperbanyak doa pada malam Nifsu Sya’ban ini, sebagaiman dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Hadist Riwayat (HR) Bukhari: 1834 menjelaskan, Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan puasa lebih banyak dalam sebulan selain bulan Sya’ban.

Halaman:

Editor: Ken Supriyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x