Faktor Kondisi, Desa Cahaya Harapan Diresmikan di Pasindangan Kabupaten Lebak

- 27 Desember 2020, 18:38 WIB
Peresmian Desa Cahaya Harapan
Peresmian Desa Cahaya Harapan /Serangnews/

SERANG NEWS - Pemberdayaan Desa Cahaya Harapan diresmikan Laz Harfa dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN di Desa Pasindangan, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Banten.

Desa Pasindan sendiri letaknya jauh dari pusat kota ditambah dengan jalanan rusak yang semakin sulit diakses ketika musim hujan tiba, karena sebagian besar jalan menuju desa masih berupa tanah merah.

Hal itu dikatakan Rapei perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Cileles. Ia juga mengatakan bahwa masyarakat di daerahnya belum terbebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

"Masih ada saja warga yang BAB di sungai atau di kebun. Semoga dengan adanya program ini masyarakat dapat merubah kebiasaan buruknya," katanya Minggu 27 Desember 2020.

Baca Juga: Terungkap! Pelaku Mesum Covid-19 di RS Wisma Atlet Pasien dan Oknum Nakes Ditangkap

Sementara Direktur Utama LAZ Harfa, Indah Prihanande mengungkapkan faktor kondisi ini pula yang menjadi salah satu pertimbangan dipilihnya Desa Pasindangan sebagai desa yang akan diberdayakan dengan harapan tumbuhnya sebuah perubahan masyarakat menjadi lebih baik.

“Kami berniat untuk memberdayakan masyarakat melalui beberapa program yang akan kami terapkan. Kami juga akan berupaya untuk mendampingi masyarakat menemukan potensi lokal hingga memiliki produk unggulan yang dapat dipasarkan dengan luas," ungkapnya.

“Nantinya akan ada beberapa program utama yang dilaksanakan, diantaranya dalam bidang kesehatan meliputi penanganan masalah sanitasi dan sarana air bersih. Ada juga program pendampingan Kelompok Keuangan Mikro (KKM) yang merupakan program bidang ekonomi untuk menumbuhkan sikap kemandirian warga," sambung Indah.

Selain itu, kata Indah, dalam upaya pendampingan desa masyarakat akan dibantu oleh pendamping lapangan atau yang lebih dikenal dengan Field Faciliatator. Para pendamping lapangan akan tinggal bersama masyarakat (Live in) setiap harinya dengan melakukan program-program pemberdayaaan bersama warga.

Baca Juga: Gausah Repot! Daftar Banpres UMKM Bisa Lewat Online, Login eform.bri.co.id Agar Cair Rp 2,4 Juta

Halaman:

Editor: Adi R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x