Cek Fakta: Benarkah Pesawat Kargo China Mendarat di Bandara Soetta dan Sebarkan Chemtrail, Ini Faktanya

- 2 Maret 2022, 15:09 WIB
Cek Fakta: Benarkah Pesawat Kargo China Mendarat di Bandara Soetta dan Sebarkan Chemtrail, Ini Faktanya
Cek Fakta: Benarkah Pesawat Kargo China Mendarat di Bandara Soetta dan Sebarkan Chemtrail, Ini Faktanya /Pixabay/Pexels./

SERANG NEWS - Geger dan heboh di media sosial berbagi pesan WhatsApp yang sebut kapal China mendarat di bandara Soetta dan sebarkan Chemtrail.

Pesawat kargo asal China tersebut diklaim telah menyebarkan chemtrail, senjata biologis, di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut narasi yang beredar di media sosial tersebut.

"TERNYATA PESAWAT CHINA INI HABIS MENYEBARKAN CHEMTRAIL SENJATA BIOLOGI VIRUS COVID-19 DI SELURUH WILAYAH INDONESIA, TERNYATA BIANG KEROKNYA NEGARA CHINA” 

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Jokowi Ajak Masyarakat Ikut Wajib Militer Antisipasi Perang Dunia, Ini Faktanya

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada pemberitaan valid yang menyatakan bahwa pesawat kargo asal China tersebut telah menyebarkan chemtrail senjata biologis di seluruh wilayah Indonesia.

Informasi tersebut memiliki konteks yang salah karena benar faktanya bahwa pesawat kargo asal China tersebut telah mendarat tanpa izin di Bandara Soekarno-Hatta pada 20 Januari 2022.

Diketahui pesawat tersebut mengangkut pesawat yang dibeli oleh PT berinisial URI yang merupakan salah satu maskapai di Indonesia.

PT URI yang bertanggung jawab atas angkutan yang dibawa pesawat asal China tersebut seharusnya memberitahu otoritas bandara 48 jam sebelum menuju ke Bandara Soekarno-Hatta. 

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x