Cek Fakta: Heboh, Burung Bisa Keluarkan Api dan Sebabkan Kebakaran Hutan, Begini Penjelasannya

- 14 November 2021, 09:05 WIB
Pesan berantai hoaks yang menyatakan terdapat burung berbahaya yang dapat mengeluarkan api dan menyebabkan kebakaran hutan di Australia.
Pesan berantai hoaks yang menyatakan terdapat burung berbahaya yang dapat mengeluarkan api dan menyebabkan kebakaran hutan di Australia. /Antara./

SERANG NEWS - Media sosial dihebohkan dengan adanya pesan berantai yang menyebut burung bisa mengeluarkan api dan jadi penyebab kebakaran hutan di Australia.

Pesan berantai itu, beredar di grup layanan berbagi pesan WhatsApp tentang kabar burung yang dapat mengeluarkan api dan menyebabkan kebakaran hutan.

Pesan yang berisi video dengan durasi 45 detik itu terbagi dalam dua sisi, atas dan bawah.

Sisi atas video itu menampilkan seseorang yang tampak diwawancara dalam rekaman televisi. Orang yang diwawancara itu berbicara dalam Bahasa Arab. 

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Memakan Petai Bisa Redakan Sakit Pinggang Begini Penjelasannya

Sementara, sisi bawah video menampilkan burung di padang rumput. Beberapa kali, burung itu tampak mengeluarkan sinar laser dari matanya dan menyebabkan rumput terbakar.

Pesan video itu tampak diambil dari platform TikTok karena terdapat tanda air (watermark) pada sisi kanan bawah.

Sementara pada pesan berantai, disematkan pula narasi sebagai berikut:

“Burung ini bisa mengeluarkan api, sudah di sebut oleh Nabi Muhammad SAW 1400 tahun yang lalu. Sekarang Scientists di Sydney, Australia baru merilis penemuan bahaya burung ini. Kemungkinan, burung inilah yang menyebabkan banyak kebakaran di benua Australia…wallahualam.” 

Halaman:

Editor: Kiki

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x