CEK FAKTA: Beredar Video Helikopter TNI Kibarkan Bendera China Bikin Heboh, Ini Fakta Sebenarnya

- 4 Agustus 2021, 22:15 WIB
CEK FAKTA: Beredar Video Helikopter TNI Kibarkan Bendera China Bikin Heboh, Ini Fakta Sebenarnya
CEK FAKTA: Beredar Video Helikopter TNI Kibarkan Bendera China Bikin Heboh, Ini Fakta Sebenarnya /Tangkapan layar Instagram/@manaberita//

SERANG NEWS- Pengguna media sosial Instagram baru-baru ini dibuat heboh oleh salah satu pengguna TikTok @ad4m632 yang mengunggah video tentang adanya helikopter TNI yang mengibarkan bendera China di langit Indonesia.

Perekam dalam video itu menyebutkan bahwa bendera itu adalah bendera milik negara China komunis.

"Mengapa ada bendera China dibawah ditarik sama helikopter?" tulis caption dalam video tersebut, yang diunggah ulang oleh akun Instagram @mananerita dan dikutip SerangNews.com, Rabu 4 Agustus 2021.

Baca Juga: CEK FAKTA: Habib Rizieq Terbaring Lemas di Rumah Sakit, Ribuan Umat Geram Lakukan Ini, Begini Faktanya

Lantas benarkah bendera berukuran besar berwarna merah yang dikibarkan helikopter TNI di langit Indonesia adalah bendera negara China?

Soalnya banyak netizen yang kemudian komentar ikut membenarkan video yang heboh tersebut tanpa mencaritahu fakta yang sebenarnya.

Dikutip SerangNews.com dari akun Instagram @manaberita diketahu kalau ternyata bendera merah berukuran besar itu adalah bendera dan panji kebanggaan TNI, yang bergambarkan trimatra TNI.

Baca Juga: Cek Fakta: Terlibat Korupsi Hambalang, Rumah Ibas Putra Bungsu SBY Disegel KPK, Benarkah?

Aksi helikopter membawa bendera besar itu adalah latihan TNI yang digelar sejak 2 Agustus 2021, untuk menyiapkan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih berukuran besar di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76.

Sebagai informasi bendera yang akan dikibarkan memiliki ukuran 20x30 meter. Nantinya bendera akan diterbangkan di atas langit DKI Jakarta.

Jadi video di media sosial yang bikin heboh itu merupakan sejumlah helikopter TNI AU yang melaksanakan latihan terbang di Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Baca Juga: CEK FAKTA: Fadli Zon Dikabarkan Ingin Lengserkan Jokowi, Lalu Dicopot dari Kursi DPR RI, Berikut Faktanya

Halaman:

Editor: Ken Supriyono

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x